Ayub 2:9-10
Keadaan Ayub yang begitu mengerikan membuat istrinya menjerit, "Masih bertekunlah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah !" (ayat 9). Kesalehan Ayub membuat Tuhan senang, tetapi membuat istrinya marah.
Pulpit Commentary mengatakan , "Ia membiarkan dirinya menjadi sekutu Setan dan musuh terburuk suaminya. Terlihat dengan jelas bahwa ia mendesak suaminya untuk melakukan hal yang persis sama dengan yang dikatakan oleh Setan (Ayub 1:11; 2:5),
dan yang jelas diinginkan oleh Setan untuk dilakukan oleh Ayub, dan dengan demikian berkelahi di pihak Setan, dan menambah kesukaran bagi suaminya."
Sekalipun istri Ayub jelas salah, tetapi kita tidak boleh lupa bahwa ia sangat menderita. Kesepuluh anaknya dan semua menantunya mati seketika. Kini suaminya ditimpa penyakit dan ia harus merawat Ayub dan menahan bau busuk yang menyengat. Sama seperti Ayubub, ia juga kebingungan memikirkan apa penyebab malapetaka itu. Ia juga berpendapat bahwa malapetaka datangnya dari Tuhan. Tetapi ia tidak bisa dan tidak mau menerima bahwa Tuhan memperlakukan mereka secara sewenang-wenang tanpa memberi tahu apa alasannya. Ini jelas merupakan sesuatu yang sangat menyakitkan bagi Ayub. Di tengah-tengah semua kehilangan dan penyakit yang ia alami, istrinya bukannya mendukungnya, tetapi bahkan mengeluarkan kata-kata seperti itu. Ayub sangat terpukul dengan desakan istrinya dan menolak desakan istrinya, "Engkau berbicara seperti perempuan gila." (ayat 10a). Kata 'gila' dapat diartikan 'bodoh'.
Francis I. Andersen mengatakan ,"Apa pun yang terletak di balik kata-katanya, Ayub menolaknya dengan kemurkaan. Tetapi ia tidak menyebutnya 'jahat', tetapi hanya 'bodoh', yaitu tidak mempunyai ketajaman dalam membedakan. Ia berpikir Tuhan telah menemukan apapun yang salah dengan apa yang telah terjadi padanya." Kebodohan perilaku sang istri makin menajamkan hikmat dari kesabaran Ayub yang saleh. Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk ? (ayat 10b).
Ayub mengatakan keyakinannya bahwa segala sesuatu , yang baik maupun yang buruk berasal dari Tuhan. Sikapnya sama seperti sebelumnya (Ayub 1:21). Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya (ayat 10c). Dia tidak mengucapkan kutukan terhadap Tuhan sebagaimana dinubuatkan Iblis dengan penuh harapan.
Aplikasi: Memercayai Tuhan tidaklah berarti bahwa Dia senantiasa akan membebaskan kita dari kesulitan, demikian pula kesetiaan kepada Tuhan tidak menjamin kemakmuran dan keberhasilan. Ingatlah bahwa Tuhan ada ditengah-tengah pencobaan yang kita alami.
Keadaan Ayub yang begitu mengerikan membuat istrinya menjerit, "Masih bertekunlah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah !" (ayat 9). Kesalehan Ayub membuat Tuhan senang, tetapi membuat istrinya marah.
Pulpit Commentary mengatakan , "Ia membiarkan dirinya menjadi sekutu Setan dan musuh terburuk suaminya. Terlihat dengan jelas bahwa ia mendesak suaminya untuk melakukan hal yang persis sama dengan yang dikatakan oleh Setan (Ayub 1:11; 2:5),
dan yang jelas diinginkan oleh Setan untuk dilakukan oleh Ayub, dan dengan demikian berkelahi di pihak Setan, dan menambah kesukaran bagi suaminya."
Sekalipun istri Ayub jelas salah, tetapi kita tidak boleh lupa bahwa ia sangat menderita. Kesepuluh anaknya dan semua menantunya mati seketika. Kini suaminya ditimpa penyakit dan ia harus merawat Ayub dan menahan bau busuk yang menyengat. Sama seperti Ayubub, ia juga kebingungan memikirkan apa penyebab malapetaka itu. Ia juga berpendapat bahwa malapetaka datangnya dari Tuhan. Tetapi ia tidak bisa dan tidak mau menerima bahwa Tuhan memperlakukan mereka secara sewenang-wenang tanpa memberi tahu apa alasannya. Ini jelas merupakan sesuatu yang sangat menyakitkan bagi Ayub. Di tengah-tengah semua kehilangan dan penyakit yang ia alami, istrinya bukannya mendukungnya, tetapi bahkan mengeluarkan kata-kata seperti itu. Ayub sangat terpukul dengan desakan istrinya dan menolak desakan istrinya, "Engkau berbicara seperti perempuan gila." (ayat 10a). Kata 'gila' dapat diartikan 'bodoh'.
Francis I. Andersen mengatakan ,"Apa pun yang terletak di balik kata-katanya, Ayub menolaknya dengan kemurkaan. Tetapi ia tidak menyebutnya 'jahat', tetapi hanya 'bodoh', yaitu tidak mempunyai ketajaman dalam membedakan. Ia berpikir Tuhan telah menemukan apapun yang salah dengan apa yang telah terjadi padanya." Kebodohan perilaku sang istri makin menajamkan hikmat dari kesabaran Ayub yang saleh. Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk ? (ayat 10b).
Ayub mengatakan keyakinannya bahwa segala sesuatu , yang baik maupun yang buruk berasal dari Tuhan. Sikapnya sama seperti sebelumnya (Ayub 1:21). Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya (ayat 10c). Dia tidak mengucapkan kutukan terhadap Tuhan sebagaimana dinubuatkan Iblis dengan penuh harapan.
Aplikasi: Memercayai Tuhan tidaklah berarti bahwa Dia senantiasa akan membebaskan kita dari kesulitan, demikian pula kesetiaan kepada Tuhan tidak menjamin kemakmuran dan keberhasilan. Ingatlah bahwa Tuhan ada ditengah-tengah pencobaan yang kita alami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar